#sehat

Saripati Ayam Untuk Melancarkan ASI dan Penyebab ASI Tidak Lancar

admin

Ketika produksi asi tidak lancar, akan menjadi masalah sendiri bagi ibu menyusui. Si kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tidak bisa berkembang dengan baik. Ada banyak hal yang menyebabkan produksi asi tidak lancar. Jika hal ini terjadi, saripati ayam untuk melancarkan asi bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mencari cara untuk melancarkan asi, anda juga harus tahu penyebab asi tidak lancar. Sehingga bisa melakukan penanganan secara tepat. Berikut ini beberapa penyebab asi tidak lancar.

Laktasi Tertunda

Banyak ibu yang tidak langsung menyusui bayinya ketika lahir. Beberapa harus menunggu beberapa hari sampai asinya keluar. Laktasi tertunda inilah yang membuat produksi asi terganggu. Namun keterlambatan ini tidak akan membuat ibu tidak menghasilkan asi sama sekali. Jika melakukan menyusui terus menerus, akan membuat tubuh memproduksi asi lagi. Jika hal ini terjadi pada anda jangan langsung cemas dan panik. Cobalah untuk tetap menyusui dan konsumsi makanan yang bisa memperlancar asi.

Dibarengi Dengan Susu Formula

Ketika asi tidak keluar-keluar, ibu langsung khawatir dan memilih untuk memberikan susu formula. Hal inilah yang membuat produksi asi terganggu. Karena tubuh kita memberikan respon sesuai kebutuhan. Ketika bayi membutuhkan banyak asi dengan menyusui terus, maka tubuh akan memproduksi asi yang lebih banyak. Beberapa kondisi bayi membutuhkan tambahan susu formula atau sulit menyusui di putting ibu. Jika hal ini terjadi, anda bisa merangsangnya dengan memompa asi.

Bayi Sulit Untuk Menyusui

Teknik menyusui terkadang cukup sulit. Bayi terlihat sedang menyusui, tapi sebenarnya dia tidak menyusui. Karena asi tidak bisa masuk dengan baik ke dalam tubuh bayi. Biasanya karena bayi tertidur, meletakkan bayi di posisi yang salah, rasa asi yang berubah dan lainnya. Untuk mengetahuinya, ibu bisa melihat dari suara bayi saat menelan. Kemudian lihat dibagian pipinya, jika melakukan gerakan seperti menyedot berarti bayi sedang menyusui. Anda juga bisa cek dari frekuensi buang air kecil. Jika jarang buang air kecil berarti asupan asi bayi kurang. Jika bayi sulit untuk menyusui akan mempengaruhi produksi asi.

Gangguan Pada Kelenjar ASI

Gangguan pada kelenjar asi bisa dialami oleh sebagian ibu. Kondisi ini dikenal dengan istilah insufficient glandular tissue (IGT), kondisi di mana kelenjar air susu tidak bisa memproduksi asi dengan cukup. IGT bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti bentuk payudara yang tidak seperti biasanya, payudara kecil atau terlalu besar, pelekatan gagal dan lainnya. Anda bisa memanfaatkan saripati ayam untuk ibu menyusui. Sehingga bisa membantu produksi asi lebih lancar.

Gangguan Hormon

Selain gangguan pada kelenjar asi, asi yang tidak lancar juga bisa disebabkan gangguan hormon pada tubuh. Produksi asi dipengaruhi oleh berbagai jenis hormon. Salah satunya hormon prolaktin yang dihasilkan ibu saat hamil dan setelah melahirkan. Jika sebelumnya ibu, pernah mengalami gangguan kesuburan kemungkinan besar bisa mengalami kondisi ini. Contoh gangguan hormon pada wanita antara lain sindrom ovarium polikistik (PCOS), cacat luteal, gangguan tiroid, diabetes gestasional dan obesitas.

Setelah mengetahui penyebabnya, anda bisa melakukan berbagai cara untuk melancarkan asi. Salah satunya dengan konsumsi saripati ayam. Saripati ayam untuk melancarkan asi bisa dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Suplemen ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Tidak hanya melancarkan asi tapi membuat ibu tidak mudah kelelahan. Stamina tubuh semakin meningkat dan tidak mudah sakit.

<<    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *